Thio Bu Ki (Zhang Wuji) – berbagai versi adaptasi

Saat To Liong To 2003 ditayangkan di Indosiar, saya hanya menulis  Sinopsis untuk beberapa episode saja di fan page PPR  di Facebook, jadi gak bisa bikin sinopsis di page ini.   Maka untuk To Liong To saya mencoba membuat tulisan lain, yaitu perbandingan karakter dalam berbagai versi. Penilaian ini bersifat sangat pribadi jadi boleh aja gak setuju🙂

Thio Bu Ki

Versi 1979 – Adam Cheng

Adam Cheng Sao Chiu, menurut saya karena Adam Cheng masih muda waktu itu,  wajah dan postur tubuh sangat cocok dengan karakter Thio Bu Ki di dalam novel. Digambarkan dalam novel Thio Bu Ki lebih mirip ibunya, In So So, jadi mukanya memang bukan tipe gagah nan ganteng cowok buanget gitu, tetapi lebih ke muka sastrawan/kutu buku, cowok berperangai welas asih dan pemikir, gak terlalu menonjol dibanding orang-orang umumnya, makanya menyamar juga gak ketauan.  Jadi bukan kayak Kwee Ceng yang posturnya asli  gagah pendekar atau Yo Ko yang guantengnya tetep gak bisa ditutupi walaupun kucel – ini kata Kongsun Tit saat melihat Yo Ko pertama kali  :))

Eh, baiklah… kembali ke Adam Cheng. Walau ia cukup baik memerankan karakter Bu Ki yang selalu melihat sisi baik dan lama dalam mengambil keputusan, tetapi dalam hal chemistry dengan wanita-wanita yang mencintainya, di sini sangat kurang. Bisa jadi karena adegan yang menggambarkan itu tidak cukup banyak, karena ini serial To Liong To terpendek, cuma 24 episode. Sementara yang lain minimal 40 episode. Di sini chemistry paling keliatan justru dengan Ciu Cie Jiak, sementara Tio Beng tidak terlalu.

Versi 1984 – Liu De Kai

Sayangnya saya tidak bisa menilai karena belum nonton lengkap.

Versi 1986 – Tony Leung

Tony Leung, boleh jadi versi terpopuler dan paling dikenang. Wajah dan postur menurut saya juga cukup pas. Tony Leung muda memang cenderung cakep culun cowok baik-baik. Kelebihannya adalah chemistry dengan para wanita sangat pas , semua dimainkan sangat baik dan membuat kita percaya  Bu Ki memang suka pada semua wanita itu dengan cara yang berbeda, tetapi cintanya memang untuk Tio Beng. Nah kekurangannya, sisi Thio Bu Ki yang sebenarnya pintar dan pemikir, tidak kelihatan di sini. Sepertinya porsi sifat Bu Ki yang ‘ragu-ragu’ amat mendominasi ekspresi Tony Leung, bahkan pada saat ia harusnya jadi pemimpin, muka bengongnya Tony terlalu besar porsinya.

Versi 1993 – Jet Li

Sebenarnya kurang pas membandingkan versi film layar lebar dengan serial TV, sebab sudah jelas durasi film sebentar dan kesempatan mengeksplorasi tokoh kurang. Tetapi Jet Li menurut saya sangat cocok memerankan Thio Bu Ki. Gak perlu jadi cowok yang kelewat ‘lembek’ untuk memerankan Thio Bu Ki yang memang wataknya halus dan welas asih. Sebab Thio Bu Ki itu bagaimanapun seorang pendekar. Nah tau sendiri Jet Li kan kalo beradegan silat manteb, jadi aura pendekar dikombinasi dengan muka lugu yang terkesan tanpa ekspresi dan  tidak berpretensi, itulah menurut saya karakter Thio Bu Ki yang pas. Kalau seandainya Jet Li mau main serial TV, kayaknya seru juga, dimana hubungan persaudaraan dengan Sekte Ming/Beng Kauw dan hubungan cinta dengan 4 wanita dieksplorasi lebih dalam.

Versi 1994 – Steve Ma

Steve Ma, menurut saya jauh lebih bagus pada saat ia memerankan Thio Cui San. Tetapi Thio Bu Ki? Jelas ekspresinya terlalu berapi-api, kok malah karakternya malah  jadi kayak Yo Ko, ya? Yo Ko yang  ekspresif, dominan, tapi di satu sisi  sangat melankolis  dan emosional.  Dan itu sangat jauh alias berlawanan dengan sifat Bu Ki yang lebih ‘sumir’ alias subtle, datar, tidak terlalu ekspresif menggebu-gebu. Steve Ma di sini malah seperti orang yang kelewat galau dan emosional soal cinta, mungkin juga karena banyak adegan-adegan yang over dramatisasi dan gak sesuai novel.

Versi  2000 – Lawrence Ng

Sebenarnya akting Lawrence Ng cukup baik dalam berusaha memerankan karakter Wuji sesuai di novel. Tetapi menurut saya wajahnya sedikit terlalu kuat, tua, dan antagonis,  tidak sesuai dengan karakter Wuji.  Walau diimbangi dengan aktingnya yang lumayan, tetapi pemeran pendukung lainnya aktingnya kurang bagus hingga tak bisa menyalahkan Lawrence Ng sepenuhnya, karena adegan-adegan interaksi dengan tokoh lain malah kurang memberi kesempatan  dia mengembangkan karakter.  Mungkin skenarionya juga kurang bagus.

Versi 2003 – Alec Su

Alec Su, lumayan sebagai Bu Ki. Nah ini kebalikan dari Steve Ma. Alec Su juga berperan ganda sebagai Thio Cui San  dan Thio Bu Ki, tetapi ia lebih sukses sebagai Thio Bu Ki. Yang kurang dari Alec Su disini cuma aura pendekarnya, mungkin karena memang versi 2003 ini sangat-sangat mengabaikan adegan laga silat dan kehebohan konflik dunia persilatan, lebih fokus di drama.  Versi 2003 memang tidak berasa epic wuxia tapi lebih berasa sinetron. Terlepas dari kekurangan itu, Alec Su lumayan bagus aktingnya sebagai Bu Ki yang peragu tapi pemikir serta interaksinya dengan wanita-wanita yang menyukainya.

Versi 2009 – Deng Chao

Deng Chao, ini dia yang katanya paling tidak tampan dari semua versi. Sayapun pertama kali melihat foto Deng Chao jadi il-feel….gimana bisa ya tampang rakyat jelata kucel gitu memerankan Thio Bu Ki? heheheh jahat deh. Tapi setelah saya nonton filmnya, ternyata Deng Chao ini justru pas membawakan karakter Bu Ki yang ragu-ragu dan banyak pikiran, tanpa kehilangan aura seorang pendekar. Malah ‘muka figuran’ Deng Chao ini memberikan keuntungan saat dalam penyamaran, ia memang membaur dengan tokoh-tokoh figuran. Huehehe. Walau secara wajah ia kurang bisa dipercaya kenapa bisa disenangi banyak wanita, tetapi aktingnya menutupi kelemahan itu. Di sini karakter Bu Ki yang ‘kontemplatif dan pemikir’ lebih tereksplorasi dalam. Tumbuh sebagai anak yang kurang gaul karena tinggal di pulau, begitu berinteraksi sama orang-orang langsung kehilangan orang tua, terlunta-lunta sendirian, tiba-tiba dibebani amanat besar sebagai ketua partai. Wajar kalau ia terlihat ‘datar’  soal cinta, walau mudah iba pada wanita cantik. Selalu melihat kebaikannya saja tanpa terlalu memikirkan kelicikan mereka.  Semua karakter ini jadi sangat pas dibawakan oleh Deng Chao yang tadinya tidak saya lirik sebelah mata.

19 responses to this post.

  1. Posted by Vo Nieta on May 1, 2012 at 4:13 am

    Sama spt thio beng d versi 2009…aq mnyukai deng chao sbg buki
    walo awalny kaget lht tampangny tp lama klamaan jd kepincut ma deng chao sbg bukiny..
    brkarakter..brwibawa..keren..tp tetep ga kuat lht tatapan matany klo dhadapkan dg 4 wanita yg mncintainy trutama thio beng…lembut bangeettt…
    jempol dah buat deng chao..cocok banget ma ady an
    thio buki&thio beng terbaik mnurutku…hehe..

    Reply

  2. Haha iya, ternyata bukan saya saja yang kaget gak terima abis itu kagum. Deskripsi kamu pas banget, betul memang Deng Chao kelihatan wibawa dan berpikir keras soal urusan2 serius seperti partai dan lain-lain, tapi begitu melihat wanita yang mencintainya tatapan tak berdaya….heheheh betul sekali

    Memang denger2 sutradara Zhang Ji Zhong ingin berusaha menjadikan tokoh Bu Ki hanya keliatan lemah kalau soal wanita, tapi tetap dia itu pemimpin partai jadi harus keliatan wibawa dan aura pendekarnya…

    Reply

  3. […] pada versi ini adalah, pembuatnya sadar bahwa kisah To Liong To tidak hanya soal cinta segi banyak Thio Bu Ki dengan Tio Beng dan 3 wanita lainnya. Tetapi banyak karakter pendukung yang tak kalah penting. […]

    Reply

  4. Posted by trini on May 12, 2012 at 4:39 pm

    klo aku tetep Tony Leung….the best Bu Ki….piss buat yg beda dgnku ya….😛

    Reply

  5. Posted by Liliawati on May 13, 2012 at 3:14 am

    paling cakep bu kinya yang tahun 1984 sama tahun 2000.

    Reply

  6. […] cantik di antara cewek-cewek Bu Ki lainnya. Namun akting dia sangat baik dan chemistry dengan Thio Bu Ki juga sangat bagus. Chen Zihan sebagai In Lee, cukup menyedihkan sesuai […]

    Reply

  7. haha! deng chao jauh lebih cakep kalo main film modern2. kalo di hsds emang kalo cewe pasti kecewa sama tampangnya.

    tapi mnrtku dia paling cocok memerankan orang yg suka sama 4 cewek. waktu suka ke yin li, xiao zhao, zhiruo dan zhao min, dia keknya emang bener2 cinta sama mereka.

    Reply

    • Iya aku juga setuju. Mungkin dia juga gak fotogenik, tapi pas nonton HSDS 2009, dia charming banget sebagai pemimpin Sekte Ming…pantes cewe2 senang..hehe.

      Reply

  8. Posted by SkIE on May 15, 2012 at 9:25 am

    Bikin Thio Cui Sang dan In So So berbagai versi adaptasinya juga dong. Kayaknya seru🙂

    Reply

  9. Posted by zida on May 22, 2012 at 7:24 am

    kalo aku love banget ama ceritanya,soal pemeran nda terlalu dipikirin,but kalo harus milih ku suka ama thio buki tony leung dan thio beng andy an,mantap euy,he…
    thio buki adam cheng tatapannya antagonis banget,jet li kayaknya tdk romantis,steve ma hmm…kostumnya tdk suka aku,lawrence ng agak ketuaan,alec shu kekanakan mukanya,deng chao…rambutnya berantakan,kayak tdk pernah disisir,sering ngomong dlm hati lg,ya beda pendapat maaf ya….piss

    Reply

  10. Posted by Yoko on June 27, 2012 at 4:25 pm

    Sangat setuju dengan admin tentang pemeran tio buki 2003 dan 2009 (baru nonton versi 03 ma 09 doank). he2

    Reply

  11. Posted by Deidara on August 7, 2012 at 9:00 am

    klo dari segi ganteng sih Alec Su, tp klo secara keseluruhan pemeran Thio Bu Ki (Zhang Wu Jie) memang Deng Chao yg paling sempurna, ditambah chemistry-nya dg Ady An pas banget sbg pasangan Thio Bu Ki dan Tio Beng. ^_^

    Reply

  12. whaaaaa mas bero nih penggemar to liong to, dari pilem pertamo taon jebot sampe taon terakir pembuatan di ulas semua hahahaha mantab neh

    Reply

  13. Posted by rizal on July 22, 2013 at 5:34 am

    ADA KAGAK SAMBUNGAN FILM THIO BU KI Versi 1993 – Jet Li

    Reply

  14. pemeran tokoh HSDS pilihan aku : Zhang Wuji Deng Chao ( cool banget,tapi tetep berwibawa ) ; Zao Min kitty Lai ( imutnya gak nahan ) ; Zou Zirou Gao Yuanyuan ( pas memerankan gadis dengan 2 kepribadian ) ; Xiao Chao Florence Tan ( pas buat gadis imut dari persia karena lahir di Malaysia,wajah asia selatan & tenggara ) ; Zhu Er Zhang Meng ( aktingnya pas jadi gadis bandel,soalnya masih keponakan In Su Su )

    Reply

  15. Posted by Irma Retna on June 28, 2014 at 6:24 am

    Saya sangat setuju dengan ulasan tentang Mokei (Zhang Wuji) veri 1986… Emang bener banget, ia terkesan menyukai semua wanita dgn cara yg berbeda…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: