Tio Beng (Zhao Min) – berbagai versi adaptasi

Tio Beng (Minmin Temur)

Wanita satu ini dilukiskan sebagai sangat mempesona sekaligus kejam menakutkan. Ia diberi tugas ayahnya menumpas pemberontak dan membawahi banyak pesilat-pesilat tangguh karena kepiawaiannya berstrategi dan berdiplomasi. Dalam novel, disebutkan  “dibalik kecantikannya, terdapat hawa keangkeran dan kegagahan yang membuat orang hormat kepadanya”. Sifatnya dominan dan autoritatif namun juga penuh pengorbanan terhadap orang yang dicintainya yaitu Thio Bu Ki. Siapa yang paling pas memerankan tokoh wanita perkasa serba bisa ini?

 Versi 1979 – Liza Wang Min Cheun

Liza Wang, angkuh menggoda-nya oke, tapi gak keliatan pengorbanannya buat Bu Ki

Liza Wang sukses membawakan Tio Beng yang ‘angker’ namun menggoda.  Tio Beng selalu muncul di awal sebagai perempuan kejam yang penuh tipu daya, tetapi saat mengenal lebih dekat, ternyata ia  tidak se’jahat’ apa yang ia tunjukkan. Sayangnya, sisi Tio Beng yang penuh cinta dan ternyata rela berkorban demi Thio Bu Ki, tidak terlihat di sini. Akhir versi ini adalah sad ending karena Tio Beng hilang di jurang setelah Thio Bu Ki sadar gadis itu tidak bersalah terhadap apa yang dituduhkan kepadanya. Jadi tentu saja momen-momen ia menunjukkan cintanya pada Thio Bu Ki sangat kurang di versi ini, dan tidak ada kesempatan Liza Wang menunjukkan kemampuan aktingnya.

Versi 1984 – belum nonton🙂

Versi 1986 – Kitty Lai Mei Han / Li Mei Shien

Kitty Lai, walau manis kayak gula tapi pas pake baju cowok bagus sekali

Habis nonton Liza Wang terus nonton Kitty Lai, wah kayaknya langsung ada peningkatan besar, karena Kitty Lai memberi dimensi lain pada karakter Tio Beng. Yang kurang dari Liza Wang adalah sisi-sisi ‘manis’ nya Tio Beng serta adegan yang menujukkan pengorbanan pada Thio Bu Ki, dan di versi 86 ini dibawakan dengan sangat baik oleh Kitty Lai.  Walau dalam hal menunjukkan  wanita powerful, mandiri dan independen, Kitty Lai masih kalah sedikit oleh Liza Wang, tetapi sangat lumayan dan bisa dinikmati. Ia tidak terlalu ‘pecicilan’ seperti Alyssa Chia dan cukup terlihat sebagai orang yang berpikir strategis. Apalagi, wajah Kitty -walaupun manis kayak gula, ternyata sangat  pantas saat menyamar jadi pria. Tak heran ia benar-benar berkesan di hati banyak pemirsa dan dalam sejumlah polling, Kitty Lai masih menjadi Tio Beng terfavorit.

Versi 1993 – Sharla Cheung

Sisi angker dan kejam namun menggoda, pas banget dibawakan oleh Sharla Cheung. Tetapi yah namanya juga film lepas, porsi untuk menampilkan sisi lain Tio Beng dan pengorbanannya terhadap Thio Bu Ki tentu tidak tereksplor dalam di sini. Satu lagi, wajahnya tampak berkesan tua dibanding pesaing-pesaingnya yang memainkan Tio Beng, jadi agak berkesan tante-tante dibanding Jet Li, padahal Tio Beng lebih muda dari Thio Bu Ki.

Versi 1994 – Cecilia Yip Tung

Cecilia Yip, Tio Beng yang ‘nggak banget’

Bukan salah Cecilia kalo penampilannya sebagai Han Wen di White Snake Legend membuat saya sangat il-feel nonton dia. Hehe.. Sebetulnya, saat menjadi In So So ia cukup oke. Tetapi Tio Beng? Waduh, ditunjang skenario versi 1994 yang agak didramatisir dan melenceng dari novel, Tio Beng satu ini jadi bener-bener Tio Beng yang melankolis dan kebanyakan nangis. Tidak ada wibawanya dan jauh dari sosok wanita mandiri dan independen. Adegan-adegan dengan Steve Ma  yang juga terlalu emosional sebagai Thio Bu Ki menambah kesan over dramatisasi dan jauh dari karakter percintaan Thio Bu Ki – Tio Beng yang dikisahkan di novel.

Versi 2000 – Gigi Lai

Gigi Lai, berusaha menampilkan sisi wibawa/angker-nya Tio Beng

Sebetulnya Gigi Lai berusaha untuk menghidupkan  karakter ‘angker, kejam’  Tio Beng yang kurang berani ditampilkan Kitty Lai dan Alyssa Chia. Tetapi entah kenapa, karakter angker ini menurut saya masih di bawah level yang ditampilkan Sharla Cheung, Liza Wang dan Ady An.  Sementara di sisi lain pesona  Gigi Lai juga masih kalah dengan Kitty Lai atau Alyssa Chia. Chemistrynya dengan pemeran Tio Bu Ki cukup oke tapi tidak terlalu memorable. Jadinya karakter Tio Beng di sini agak serba nanggung, ia memang membawakan semua dimensi tokoh Tio Beng, hanya aktingnya kurang matang.  Tetap saya sangat menghargai usaha Gigi Lai untuk berani mengambil resiko dengan menampilkan sisi kejam dan mandiri-nya  Tio Beng, ketimbang memilih jalan aman untuk bertindak kelewat imut seperti yang dilakukan Alyssa Chia.

Versi 2002/3 – Alyssa Chia/Jia Jing Wen

Alyssa Chia, aktingnya cukup menghibur

Sepertinya akting Alyssa adalah penyelamat To Liong To versi 2003 ini. Kelebihan Alyssa Chia adalah ia mempu menghidupkan sisi blak-blakan Tio Beng dengan sangat baik, kemistri dengan Alec Su cukup lumayan. Terlihat jelas kemampuan aktingnya di atas rata-rata pemeran-pemeran pendukung. Kekurangannya, seringkali ia keterusan berakting imut manja dan ‘trying so much to be cute’  alias terlalu nakal, playful dan cekikikan bahkan di saat-saat yang harusnya ia tegas berwibawa. Ditambah lagi banyak skenario tambahan konflik keluarga Tio Beng yang membuat ia marah merajuk seperti putri manja yang ngambek tak dituruti keinginannya. Kalau sudah begini karakternya jadi lebih mirip Oey Yong daripada Tio Beng.  Karakter Oey Yong adalah karakter yang enak dilihat dan mudah disukai (likeable), jadi penonton mungkin oke saja dengan improvisasi Alyssa tersebut, walau sebenarnya malah tidak mendekati karakter Tio Beng yang sesungguhnya. Namun demikian, To Liong To versi 2003 yang agak bergaya sinetron dengan adegan silat yang digarap seadanya, cukup terselamatkan dengan akting Alyssa Chia yang menghibur sebagai Tio Beng.

Versi 2009 – Ady An

Ady An, mampu memainkan semua dimensi Tio Beng dan emosi di segala suasana.

Kalau melihat wajah Ady An asli yang lembut imut dan ‘harmless’, rasanya sulit percaya ia justru mampu membawakan tokoh Tio Beng dengan sempurna: sangat pas porsi angker wibawa dan porsi lembutnya. Wajahnya kelihatan begitu muda, jadi sangat pas sebagai perempuan muda namun sudah pandai memimpin. Ini dia Tio Beng favorit saya, karena menurut saya ialah yang mampu membawakan anggun-wibawa-angker nya Tio Beng dengan sangat mempesona, tanpa kehilangan sisi lembut kewanitaannya. Simak saja ekspresi mukanya saat ia bersedih  dituduh Thio Bu Ki, terlihat bersit kekhawatiran dan minder karena ia adalah musuh Thio Bu Ki dan tidak mungkin bersama, tanpa terlihat cengeng.  Gaya bahasa tubuhnya saat ia sedang memerintah anak buah atau tidak sedang bersama Thio Bu Ki, sangat berbeda, jauh dari kesan anak nakal manja yang sedang main-main. Ya, pada dasarnya Tio Beng memang berwibawa dan lugas,  tapi hanya di depan Thio Bu Ki saja ia bisa bermanja-manja bahkan nakal menggoda.  Salut untuk Ady An dan juga sutradara Zhang Ji Zhong yang bisa mengarahkannya sebagai ‘the real Tio Beng’, wanita muda perkasa bak ratu yang rela mengorbankan kedudukannya demi Thio Bu Ki.

Kesimpulan, urutan akting Tio Beng terbaik berdasarkan deksripsi dalam novel, menurut saya:

1. Ady An

2. Kitty Lai

3. Alyssa Chia, Gigi Lai, Liza Wang, Sharla Cheung kurang lebih sama jika ditimbang kekurangan dan kelebihannya

4. Cecilia Yip

46 responses to this post.

  1. SEPAKAT…HEHEHEHEH…..
    Tio beng versi 2009 yg menurutku paling perfect….baik dr segi kejam,berjiwa pemimpin dan sangat cerdas, namun tio beng versi 2009 masih ada sisi2 manjanya…
    Tio Beng versi 1986 yg paling banyak disukai krn sangat mencerminkan sosok wanita mandiri dan tidak takut pada siapa-pun, tidak tampak sperti wanita manja dan selalu tenang dalam mencari jalan keluar utk masalahnya
    yg versi 1993 & 2000 walau cantik tp terlihat genit…heheheh
    versi 2003 emang paling cantik tp masih terlihat manja dan pecicilan heheheh
    versi 1994 g menampilkan sosok tio beng kuat, terlihat cengeng, namun dr segi alur cerita pengorbanannya aq sangat salut, sama dgn versi 2000
    versi 1979 & 1984 blum pernah nonton jd g bisa comment heheheh, versi 1979 hilang dijurang….kok melencing dgn novel aslinya ya?

    Reply

    • Iya tuh, adegan penutup versi 1978 adalah Thio Bu Ki (Adam Cheng) abis pertempuran mencari-cari Tio Beng yang hilang entah kemana sambil ngeliat jurang dan memanggiil “Min min! MIn min!” abis itu TAMAT….gak seru yaaaa hehehhe

      Ngomong2 terimakasih udah ikut memberikan analisanya juga….iya sih versi 1993 terlihat seperti tante genit ^_^

      Reply

  2. Posted by Vo Nieta on May 1, 2012 at 3:58 am

    agree…
    sejauh ini thio beng versi 2009 yg pas bangetttt

    Reply

  3. Posted by indraceli on May 7, 2012 at 2:39 pm

    tetapi menurutku kitty lai sangat memorable,

    Reply

  4. yup setuju… soal memorable Kitty Lai memang sangat dikenang..

    Reply

  5. Posted by Naomi Sara on May 8, 2012 at 5:46 pm

    paling bagus,kitty lai, Zharla Cheung, sama Alyssa Chia haha,maruk.. btw bisa request satu karakter lagi, yellow robe lady a.k.a nona jubah kuning keturunan yoko itu lho…dia jg digambarkan sangat cantik,ilmu silat mumpuni,tapi dingin ..pengen tahu yg plg bagus siapa pemerannya, thanks

    Reply

  6. Hehe..nona baju kuning…agak susah juga nih cari gambarnya…diusahakan deh🙂

    Reply

  7. […] Tio Beng (Zhao Min) – berbagai versi adaptasi Archives […]

    Reply

  8. Posted by trini on May 12, 2012 at 4:29 pm

    Kalo versiku Tio Beng (Zhao Min) versi 1986, Kitty Lai yang paling oke, chemistrinya ngena banget sama Tio Bu Ki, cemburunya gak membabi buta….memorable banget deh dia…

    Reply

  9. […] Pasukan Mongol yang mengepung Bu Ki cuma beberapa orang dan panah-panahnya keliatan karet. Tio Beng berapa kali mengancam bunuh diri saat Bu Ki dikepung pasukan, adegan berulang yang terkesan […]

    Reply

  10. kalu menurut aq Ady an itu gak cocok jd tio beng soalnya gak begitu cantik lebusan alyssa chia ‘n’kitty lai lebih bagus { aktingbya pas ‘n’ cantik }

    Reply

  11. ady an! yeah! dia ini tio beng paling dewasa dari tio beng yg pernah aku tonton.

    Reply

  12. Tio Beng versi 2003 nice🙂

    Reply

  13. Posted by sapna on May 18, 2012 at 1:52 pm

    Tio Beng, hehehehe..jujur aku suka bingung kalo harus bicara mana tio beng yg paling bagusm coz aku sgt subyektif dimana pada dasarnya yang kusuka adalah karakter tkohnyam so dari KItty Liai, cicilia, gigi lai, Alyssa, sampai Ady An,. bawaannya di mataku bagus semua. bahkan gigi lai yg konon versi 2000 juga sering menuai protes aku juga tetep suka.hehehe…yah, lagi2 coz aku suka karakter tokohnya. tio beng bagiku wanita yg kuat, unik, dan paling suka dg kecerdasannya dalam berstrategy walaupun dia hidup dalam istana tadinya dan tidak mengembara yg punya banyak wawasan. the best dah tio bengm tapi kalo aktris….yh Kitty memang paling kusuka coz emank berkesan bgt.hehehe

    Reply

    • hahah.. emang Gigi Lai menuai protes mbak? menurutku dia masih bagus…emang bagus semua kok kecuali Cecilia (halah teteeep aku mah sentimen) hehhehe

      Reply

  14. Posted by sapna on May 18, 2012 at 1:53 pm

    yahhhh banyak yg salah ketik, maaf ya.

    Reply

  15. Posted by Sapna on May 19, 2012 at 2:02 am

    Kak apop, Gigi Lai sering diprotes coz ketuaan utk memerankan Tio beng, perasaan sich utk 2000 eman ktuaan smua bintangnya, tmsk tio buki.hehe. Gigi lai umur 29 kalo ga salah saat itu, sama sich dg Alyssa Chia sbnrnya.hehe
    tp untuk kungfunya msh jauh lbh bgs Gigi lai dibanding Alysa, adegan sblm msk sumur jebakan n saat menolong buki dr org2 persia bgs gerakan silatnya. So, walo kisah cintanya dg buki didramatisir tetep dpt “seru”nya, ga kayak yg 2003.

    Ya, salah ketik saking smangatnya.hehehe. Utk wuxia, Tio Beng lah tokoh pertama yg bwt saya jth cinta dan tak lepas dr Kity lai yg meranin.hehe

    Reply

    • Iya tuh sampai Thio Cui San & In So So nya juga tua, padahal aku suka mereka (Damian Lau & Mie Shieh). Seandainya aja mereka meranin ortu Bu Ki pas usianya agak muda. Jin Yong itu katanya udah dari dulu pengen Damian lau jadi Thio Cui San, tapi Damian Lau terikat kontrak dengan stasiun ATV, sedangkan yang suka ngadaptasi karya Jin Yong stasiun HKTVB. jadi pas Damian udah tua dan gak ada kontrak lagi baru bisa deh main jadi Thio Cui San.

      Reply

  16. Posted by zida on May 20, 2012 at 7:24 am

    benarkah ada seri thio beng yg diperanin ady an tp ciu cie jiak nya diperanin liu yi fei (tokoh bibi di return of the condor heroes 2006),dan yg jd thio buki nya pemeran kwe cheng 2000,ngintip di you tube ada seri itu,kira2 versi thn brp yaa

    Reply

  17. Posted by huang on May 22, 2012 at 12:52 pm

    Pokoknya harus alyssa cia yang terbaik.. Cocok dia sama alec su

    Reply

  18. Posted by Nita on June 22, 2012 at 5:37 am

    Aku secara pribadi paling suka Ady An. Soalnya Tio Beng karakter aku paling suka, dan aku pribadi suka banget dengan Tio Beng yang diperankan oleh Ady An. Kitty Lai juga suka dan memorable. Tapi lebih suka Ady An.

    Reply

  19. Posted by vanni on June 26, 2012 at 1:37 am

    Tio Beng yang paling aku suka itu, Alyssa Chia hehehe, menurutku memang paling cantik dan pas dengan Alec Su. boleh tolong juga untuk Tio Cui San dan In So So berbagai versi ga? Aku paling suka Simon Yam di To Liong To 1986, cakeeeep banget hehehe.. trims

    Reply

    • Ahhhh….. sama doong… The best Thio Cui San & In So So ya Simon Yam dan Dodo Cheng. Beneran ganteng dan cantik dan pas karakternya, kemistrinya, dari mulai adegan pertama ketemu, Cui San gak sengaja ngintip So SO mandi di Pulau Api & Es, sampe adegan bunuh diri yang fenomenal sampe sekarang gak ada yang bisa menyaingi!!

      Reply

  20. Posted by Deidara on August 7, 2012 at 8:55 am

    Setuju, ane juga sangat suka dengan Ady An, dan emg dia yg paling cocok memerankan tokoh Tio Beng (Zhao Min).

    Reply

  21. Posted by Deidara on August 9, 2012 at 1:34 pm

    klo Thio Cui San yg plg ok sih emang Simon Yam, tp klo In So So-nya ane lebih suka yg diperanin Phyllis Quek.

    Reply

  22. Posted by hendri on September 1, 2012 at 1:09 am

    ternyata HSDS 2009 emang keren..ceritanya ngga melenceng jauh dari novelnya..gak kayak versi 2003 yang lebih mirip sinetron..penasehat kiri Yang kan ceritanya ganteng, tapi di versi 2003 sepertinya salah pemain…btw, dulu saya juga pikir versi 1986 paling bagus. tapi setelah nonton yang 2009, kayaknya dah berubah deh perasaanku..

    Reply

  23. Posted by furqon on October 29, 2013 at 1:57 am

    Admin, saya pengen nonton yang versi 2009, dimana yah beli cd nya ? Hehehe…maaf telat

    Reply

  24. Posted by gigi on February 12, 2014 at 2:42 am

    paling suka versi tahun 1994

    Reply

  25. Posted by tama on October 24, 2014 at 3:41 am

    Bingung pilih kitty lai apa ady an, cm lbh berat k ady an.. bikin kesengsem berat.. karakter tio beng mmg buat saya falling in love apalagi ady an, cm cerita 2009 d akhr2 kyk d buat2 bnr y, jd agak krg chemistryny.. blom abis baca novelny cm ending 2009 agak aneh pas ciu ci jak nongol…

    Reply

  26. Tony Leung sbg Thio Bu Ki n Kitty Lai sbg Tio Beng got the best chemistry🙂

    Reply

  27. Posted by bulan223 on January 25, 2015 at 3:45 am

    Salam… mau cari versi 1979, 1994 & 2000 mohon infonya…dtunggu mksh byk

    Reply

  28. Posted by aaaad on March 7, 2015 at 8:17 pm

    Bgs kettylai ..klo yg lain jurusnya semua pake efek

    Reply

  29. Posted by IRA on April 1, 2015 at 5:23 am

    saya paling suka sama ALISSYA CHIA soalnya dia cocok banget jadi tio beng apalagi dia cangtik dan imut ( *-* ) saya ingin lihat lagi filmnya yang versi 2002 dan 2009 ?

    Reply

  30. Posted by IRA on April 1, 2015 at 11:16 am

    masih cantikan yang versi 2002

    Reply

  31. Posted by sapna on June 19, 2015 at 2:44 am

    hallooo…masih ada orangkah??? Lagi pingin discus TLT nih, gara2 habis baca ulang novelnya n rerun versi 2009. Mbak apop, dirimu masih rajin nengok ke sinikah??

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: