To Liong To 1978 (Adam Cheng, Liza Wang, Angie Chiu)

Versi 1978

Inilah To Liong To versi paling pendek, hanya 24 seri. Sebetulnya pendek bukan halangan bila alurnya proporsional. Tetapi di TLT 78 ini, bagian awal dari kisah Thio Cui San sampai Thio Bu Ki besar, terlalu panjang, sedangkan bagian lain malah terkesan terburu-buru. Untuk alur cerita saya nilai 3/5

Heaven Sword & Dragon Sabre 1978/79, cukup oke untuk jamannya

Penokohan dan akting, cukup baik untuk Thio Bu Ki, Cie Jiak dan Tio Beng. Yo Put Hui dan Kee Siao Hu diperankan orang yang sama. Singa Emas juga cukup oke diperankan aktor Se Cien yang sering main jadi tokoh antagonis di film Bruce Lee. Kalau anda ingat si buta Kwa Tin Ok guru Kwee Ceng di versi 83, dialah yang memerankan Seng Kun, dan cukup nyebelin. Yo Siauw oleh Wong Wan Choy, Auwyang Hok di LOCH versi 83 dan salah satu murid Butong di versi TLT 86. Idy Chan sebagai Siao Ciao masih kurang matang aktingnya karena ini film pertamanya. Singkatnya untuk casting sangat lumayan pas secara wajah/karakter, akting pun lumayan oke walau kurang digali karena pendekanya serial ini. Penokohan/akting, nilai 3/5

Tata artistik dan sinematografi. Wah, sebetulnya gak adil sih membandingkan produk tahun 70an dengan yang baru.. Maka walau gambarnya burem, adegan di studio, saya tetap memberikan penilaian 2.5/5 karena untuk ukuran jaman itu masih bisa dinikmati.

Soundtrack : 5/5 !! Lagu tema To Liong To versi ini yang dinyanyikan Adam Cheng benar-benar membekas dan cocok kerasa wuxia-nya. Khas produksi TVB tahun 70-80an, dikomposisi dengan baik hingga masuk ke segala suasana, aransemen yang tidak terlalu nge-pop hingga pas dengan suasana kuno, tidak seperti banyak lagu tema produksi sekarang yang sangat nge-pop.

Aspek Wuxia : 3.5/5

Walau hanya 24 seri dan produk jadul, tetapi menurut saya aspek wuxia disini cukup baik dan cukup niat menggarapnya. Tokoh-tokoh Sekte Ming yang unik-unik semua diceritakan, peperangan walau seadanya dibuat adegannya, serta persaudaraan pendekar Butong lumayan keliatan. Adegan silatnya malah cukup bagus karena tidak mengandalkan spesial efek, walau jadi kelihatan kurang sakti, tapi semua gerakan kelihatan dan enak dilihat.

8 responses to this post.

  1. […] « Ciu Cie Jiak (Zhou Zhiruo) – berbagai versi adaptasi To Liong To 1978 (Adam Cheng, Liza Wang) […]

    Reply

  2. Posted by indraceli on May 14, 2012 at 1:03 pm

    ngak pernah nonton dan baru tahu dari blog ini kalo ada versi to liong to yg ini

    Reply

    • Yup… sebab sudah lama sekali, dan sudah susah nyarinya. Gambarnya juga buram :)) Begitu ada versi 86, versi 78 ini langsung terlupakan karena versi 86 membuat banyak kemajuan. Memang seharusnya gitu ya, versi baru banyak kemajuan bukan mundur

      Reply

      • Posted by aster setyowati on May 16, 2012 at 1:12 pm

        versi th 1978 jadul tp asyik, bisa mengenang masa lalu jaman SD hhehehe… tp sayang endingnya ga jelas, tio beng msk jurang n thio bu ki yang cuma teriak2 manggilin namanya…. Hmm…puluhan thn berlalu tp gw msh ingat jelas endingnya hehe

      • Waaah…akhirnya aku ada temennya juga, jarang yang udah nonton versi ini soalnya hihihi. Emang endingnya yang ngaco ya, tapi walau jadul (78 gitu loh) adegan perangnya aja masih niat bikin, bandingin 25 tahun berikutnya ada versi 2003 yang gak mampu bikin adegan perang…heheheh

  3. Posted by kharis zuhry on May 30, 2012 at 3:53 am

    Aku nonton video-cdnya yg masih pake pita nyewa dari rental. Sound track lagunya paling enak dibanding versi2 sesudahnya, lalu Chao Ya Che pemeran Ciu Cie Jiak nya sangat cantik di zamannya, shg pemeran Tio Beng malah ndak aku ingat lagi. Apakah ada vcd rekaman ulang yg bisa dibeli model versi 1986? Versi 1986 sayang rekaman vcdnya beberapa episodenya terbalik-balik letaknya. Sedangkan To Lion To terbaru baru aku lihat di Indosiar, yg heran cewek Tio Bu Ki di P.Ular kenapa hidup lagi? versi lain kan tidak begitu………..

    Reply

    • wah sama ya agan, aku juga masih nonton yang pakai pita kaset betamax gan.

      Tentang In Lee di pulau Ular yang hidup lagi, memang novelnya di revisi gan. jadi versi2 terbaru itu mengikuti revisi novel pengarangnya, makanya idup lagi.

      Di galeri wuxia Facebook ada jual versi 78 gan tapi gak ada teksnya

      Reply

  4. […] sebagai Bibi Lung, Idy Chan juga pernah memerankan Siao Ciao dalam To Liong To 1978, yang merupakan awal karirnya. Peran lain yang juga memorable adalah sebagai Ong Giok Yan dalam […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: